082337568666 produkhcs@gmail.com 082337568666
TOKO ONLINE TEMPAT BELANJA AMAN TERPERCAYA

SOC (Suplemen Organik Cair) untuk Ternak Kambing Jawa/Domba/Gibas

Kategori SOC HCS
Stok READY
KodeSOC
Di lihat 1723 kali
Berat(/pcs)0.6 Kg
Harga Rp 95.000
Beli Sekarang

Caruban.net: Jual SOC HCS untuk ternak kambing. Produk unggulan dari HCS ini dikhususkan untuk hewan ternak. Adapun produk khusus untuk pupuk tanaman dinamakan SOT HCS. Sedangkan untuk penanggulangan hama ada Phefoc HCS.

Suplemen Organik Cair atau SOC HCS produk dari PT HCS, merupakan suplemen organik terbaik khusus untuk binatang ternak Anda. Jika Anda ternak kambing, baik itu kambing Jawa, atau kambing gibas (domba), maka suplemen cair ini layak Anda pakai.

Dengan SOC, Anda dapat menekan pengeluaran selama produksi dan perawatan karena mampu mempercepat pertumbuhan ternak kambing dan menjaga daya tahan tubuh kambing dari serangan penyakit.

Jual SOC (Suplemen Organik Cair) untuk Ternak Kambing Jawa/Domba/Gibas

Cara Membuat Pakan Fermentasi Untuk Ternak Kambing Dengan Suplemen Organik Cair (SOC) HCS

Di Indonesia, kambing merupakan salah satu binatang yang banyak diternakkan. Selain, perawatannya yang mudah, nilai jual kambing juga cukup tinggi sehingga tak heran jika banyak masyarakat yang senang menernakkan binatang yang satu ini.

Binatang yang juga banyak digunakan sebagai hewan kurban ketika hari raya Idul Adha ini pun terdiri dari berbagai macam jenis, mulai dari kambing lokal yang ukurannya tak begitu besar dan harga jualnya yang hanya berkisar 1-5 juta, hingga kambing etawa yang ukurannya lebih besar serta harganya yang berkali-kali lipat. Bahkan di beberapa tempat sempat terdapat kambing etawa dengan harga jual mencapai ratusan juta.

Sama seperti hewan ternak lainnya, kambing pun ada yang merupakan kambing pedaging dan kambing yang diambil susunya saja. Namun dari kedua perbedaan tersebut, pada dasarnya perawatannya hampir sama, khususnya pada pakan yang diberikan.

Untuk menjaga kualitas daging dan susu yang dihasilkan dari kambing peliharaan anda, baiknya tak hanya pakan berupa rumput segar saja.Namun pemberian pakan fermentasi juga sangat dianjurkan. Sebab, pakan fermentasi ini justru sebenarnya memiliki manfaat yang lebih baik, apa lagi jika dicampurkan dengan SOC.

SOC sendiri merupakan suplemen organik cair yang memberikan berbagai manfaat untuk hewan ternak, dalam hal ini kambing yaitu baik kambing pedaging maupun kambing yang hanya diambil susunya saja.

Seperti nama produknya sendiri, yaitu SOC (suplemen organik cair) yang menandakan bahwa produk ini terbuat dari 100% bahan alami. Sehingga anda tak perlu khawatir jika produk ini akan membahayakan kesehatan hewan ternak anda. Yang ada justru berbagai manfaat yang tak bisa anda peroleh dari pakan segar malah bisa anda peroleh dengan membuat pakan fermentasi menggunakan SOC HCS.

Cara Aplikasi SOC HCS untuk Ternak kambing

Manfaat Suplemen Organik Cair (SOC) HCS untuk Ternak Kambing

Nah, sebenarnya apa sajakah manfaat SOC HCS untuk ternak kambing? Berikut beberapa diantaranya.

1.      Dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan pada hewan ternak. Sehingga setiap makanan yang diberikan dapat diolah dengan maksimal. Dengan begitu, secara otomatis maka pakan tersebut akan dibentuk menjadi energi dan daging yang kemudian membuat kambing menjadi lebih cepat gemuk.

2.      SOC juga dapat meningkatkan level kualitas dan kuantitas hasil produksi ternak. Ya, tak hanya kuantitas yang berupa jumlah daging dan susu yang dihasilkan menjadi lebih banyak. Namun juga kualitas daging dan susu yang dihasilkan lebih baik. Dalam hal ini untuk daging sendiri akan menjadi lebih padat dan jarang terdapat selaput lemak. Sedangkan untuk susu akan lebih baik dalam segi nutrisi dan kekentalannya.

3.      Nah manfaat yang berikutnya ini akan sangat membantu hewan ternak kambing anda menjadi sangat cepat gemuk, dimana SOC juga dapat meningkatkan nafsu makan hewan ternak anda.

4.      Manfaat berikutnya yaitu untuk menurunkan kadar kolesterol. Ya, tak hanya manusia, kambing pun berpotensi memiliki kadar kolesterol tinggi. Yang apabila kambing tersebut dikonsumsi manusia maka kolesterol di dalamnya akan berpindah ke tubuh manusia. Al hasil dapat mengganggu kesehatan anda bukan?

5.      Selain dapat membuat kambing menjadi lebih gemuk, SOC juga mampu membuat kambing lebih kebal terhadap berbagai serangan penyakit. Hal ini karena SOC mampu meningkatkan daya imun pada kambing.

6.      Jika anda biasanya enggan merawat kambing karena bau kotorannya yang sangat menyengat, namun dengan menggunakan SOC anda tak perlu mempermasalahkan hal itu lagi, sebab SOC juga dapat mengurangi bau tak sedap pada kotoran kambing

Sangat beragam bukan manfaat yang akan anda peroleh nantinya dengan membuat pakan fermentasi dari SOC? Nah setelah mengetahui manfaat SOC untuk hewan ternak, kemudian yang wajib anda ketahui adalah cara pembuatan pakan fermentasi untuk kambing dengan menggunakan bahan campuran SOC.

ternak kambing tanpa angon dan ngarit

Langkah2 Membuat Pakan Fermentasi untuk Kambing dengan SOC HCS:

Untuk memulai, pertama-tama yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan bahan-bahan yang akan digunakan, antara lain terdiri dari.

1.      Limbah pertanian, dapat berupa gabah padi, gedebog pisang maupun dedaunan. Usahakan anda menimbang limbah pertanian ini seberat 100 kg.

2.      Siapkan pula katul atau dedak. untuk jenisnya bisa basah maupun kering seberat 3 kg.Meskipun untuk pemakaian dedak kering lebih baik, namun dedak basah pun tak masalah karena nantinya bahan-bahan ini juga akan dicampurkan dengan air.

3.      bahan lain yang dibutuhkan yaitu ampas tahu seberat 15 kg. Untuk ampas tahu ini cukup wajib, karena meskipun sudah berupa limbah namun kandungan protein di dalamnya bisa terbilang masih tinggi.

4.      Siapkan pula garam seberat ¼ kg. Ingat pilih garam yang mengandung yodium.

5.      Bahan berikutnya yaitu gula pasir yang kemudian diolah dengan cara direbus hingga berbentuk karamel, kemudian campurkan air kedalamnya. Rebus lagi tanpa mengaduknya hingga karamel larut dalam air. Ingat untuk pembuatan cairan ini anda harus berhati-hati karena ketika mendidih uap yang dihasilkan gula sangat panas. Nah untuk lebih praktisnya anda bisa menggunakan tetes tebu, yaitu limbah dari proses pembuatan gula.

6.      Bahan terpenting yang tak boleh anda lupakan adalah SOC.

7.      Siapkan pula air, kira-kira 1 liter saja.

Ketika semua bahan sudah anda siapkan, kemudian siapkan alat untuk fermentasi yang dapat berupa ember besar yang lengkap dengan tutup, atau bisa juga menggunakan plastik besar ataupun alat lainnya yang bisa kedap udara.

Setelah itu, baru ke tahap pembuatan pakan fermentasi dengan SOC untuk hewan ternak kambing, berikut langkah-langkahnya.

1.      Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mencincang limbah pertanian hingga berukuran kecil. Hal ini dimaksudkan agar pakan lebih mudah dicerna hewan ternak serta proses fermentasi dapat berjalan lebih maksimal.

2.      Setelah itu, campurkan bahan yang sudah dicincang dengan ampas tahu serta bekatul. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.

3.      Di tempat lain, anda bisa mencampurkan gula atau tetes tebu dengan air yang sudah disiapkan tadi. Jangan lupa juga untuk mencampurkan SOC pada larutan ini. Kemudian diamkan selam kurang lebih 15 menit baru bisa dicampurkan ke bahan lain.

4.      Jika larutan sudah didiamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian siramkan larutan tersebut pada bahan-bahan yang sudah dicampurkan tadi.

5.      Pada saat yang sama, taburkan pula garam di atasnya. Kemudian aduk semua bahan hingga rata.

6.      Langkah berikutnya adalah dengan memasukkan bahan-bahan tersebut ke plastik dan menutupnya rapat. Diamkan bahan-bahan ini dalam ruang hampa udara selama 1-3 jam agar proses fermentasi berlangsung dengan baik.

7.      Setelah 1-3 jam, anda bisa langsung memberikan pakan fermentasi kambing dengan campuran SOC ini pada hewan ternak.

ternak-kambing-tanpa-ngarit-tanpa-angon

Cara Fermentasi Jerami untuk Pakan Kambing dengan Suplemen Organik Cair (SOC)

Kambing adalah salah satu hewan yang banyak diternakkan di Indonesia. Mengapa? Karena kambing merupakan hewan yang gampang dipelihara; dapat tumbuh dengan baik di daerah dengan hawa seperti Indonesia.

Oleh karena itu, para peternak senang dengan hewan yang satu itu. Sebab dengan begitu maka pertumbuhan kambing akan lebih cepat dan secara otomatis keuntungan yang akan didapat pun lebih cepat.

Sebenarnya, kunci untuk membuat kambing dapat tumbuh dengan baik dan maksimal, selain suhu pada daerah tersebut juga pakan yang diberikan. Pilihlah pakan organik yang aman dan tidak menimbulkan efek samping seperti pakan olahan dengan campuran bahan kimia.

Pakan organik yang dimaksud disini tentu saja berupa rumput segar. Namun, anda juga bisa mencoba memberikan pakan fermentasi pada kambing anda. Jika Anda sudah mahir membuat pakan seperti ini Anda tidak perlu lagi ngarit (mencari rumput) dan tidak perlu lagi angon (mengembala). Inilah kenapa sistem ternak modern ini dinamai pelihara kambing tanpa ngarit tanpa angon.

Tak ada yang perlu dikhawatirkan dengan pakan fermentasi ini. Karena pakan fermentasi juga tak kalah segar dan amannya. Terlebih jika anda mencampurkan SOC (Suplemen organik cair) di dalamnya. SOC yang merupakan bio organik ini mampu memberikan manfaat tambahan pada hewan ternak anda yang tak akan anda peroleh hanya dengan memberikan pakan segar.

Manfaat Suplemen Organik Cair (SOC) tersebut dapat anda peroleh dengan memberikan pakan fermentasi pada kambing sebanyak 2 kali sehari. Lalu di mana bisa mendapatkan pakan fermentasi tersebut?

Sayangnya pakan fermentasi ini hanya bisa anda buat sendiri. Meskipun begitu anda tak perlu resah karena bahan yang dibutuhkan serta cara atau proses pembuatannya sangat mudah. Anda bisa menggunakan salah satu limbah pertanian yaitu berupa jerami.

Pakan Fermentasi Untuk Pelihara Kambing Tanpa Ngarit Tanpa Angon

Limbah yang merupakan batangan padi ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap. Sehingga sangat baik untuk pertumbuhan kambing. Selain itu, jerami juga cukup disenangi oleh kambing sehingga hal ini bisa menambah nafsu makan kambing.

Berikut ini bahan-bahan yang anda butuhkan untuk membuat pakan fermentasi untuk kambing dengan menggunakan bahan utama jerami.

1.      Jerami dengan banyak 1000 kg atau bisa kurang/lebih.

2.      Larutan gula yang dapat dibuat dengan mendidihkan gula hingga menjadi karamel, kemudian ketika sedang mendidih gula disiram air dan tunggu hingga mendidih lagi dan gula larut dalam air tersebut. Karena cukup berbahaya, sebaiknya anda berhati-hati ketika menuangkan air di atas lelehan gula atau karamel. Namun bagi anda yang ingin lebih praktis, bisa membeli tetes tebu. Yaitu sisa proses pembuatan gula dimana bentuknya menyerupai karamel. Dan untuk menggunakan tetes tebu ini anda hanya perlu mencampurkannya dengan air saja.

3.      Bahan terakhir yang anda butuhkan yaitu bio oraganik SOC HCS.

Nah jika semua bahan sudah disiapkan semua, berikutnya siapkan alat untuk proses fermentasi pakan. Alat yang dibutuhkan yaitu terpal dan kantung plastik yang berukuran besar.

Gunakan terpal sebagai tempat mencampurkan jerami dan larutan gula serta SOC. Kemudian kantung plastik berukuran besar digunakan untuk mendiamkan jerami yang sudah dicampuri larutan gula serta SOC.

Kemudian berlanjut ke tahap pembuatan yang terdiri dari beberapa langkah yaitu,

1.      Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan memotong-motong jerami menjadi kecil-kecil (panjang sekitar 5 cm atau bisa kurang/lebih). Tujuan mengapa jerami harus dipotong-potong yaitu agar dapat dicerna oleh kambing dengan lebih maksimal.

2.      Kemudian campurkan larutan gula dan SOC. Untuk takarannya sendiri anda bisa membandingkan 2 tutup botol SOC dicampurkan dengan sekitar 15 liter larutan gula atau molase.

3.      Setelah itu semprotkan larutan yang terdiri dari air gula dan SOC tersebut di atas potongan jerami kering. Karena keadaan jerami yang masih kering, injak-injak jerami agar larutan gula dan SOC dapat meresap dengan sempurna.

4.      Kemudian masukkan jerami yang sudah dicampuri larutan gula dan SOC tersebut ke dalam kantung plastik besar yang sudah disiapkan sebelumnya.

5.      Tutup rapat plastik hingga kedap udara. Mengapa harus kedap udara? Karena bakteri yang akan membuat jerami terfermentasi akan tumbuh dengan baik ketika berada di ruang atau tempat yang hampa udara.

6.      Diamkan jerami dalam plastik selama 1 hari 1 malam (24 jam minimal. Namun, waktu yang terbaik agar hasil maksimal adalah 7 hari.

Waktu fermentasi yang dibutuhkan untuk jerami ini memang jauh lebih lama jika dibandingkan dengan pakan fermentasi dengan bahan lain seperti gedebog pisang ataupun limbah berupa dedaunan.

Sebab, jerami yang sangat kering akan menyebabkan larutan gula dan SOC meresap lebih lambat. Selain itu, bakteri yang dibutuhkan juga jauh lebih banyak sehingga waktu yang dibutuhkan otomatis harus lebih lama.

Nah karena anda membuat pakan fermentasi ini dalam jumlah yang cukup banyak, dan mungkin tak habis dalam satu kali pemberian anda bisa mendiamkan pakan fermentasi ini lagi hingga beberapa bulan. Asalkan didiamkan dalam ruang tertutup atau dalam kantung plastik yang rapat.

Bagaimana, anda tertarik untuk membuat sendiri pakan fermentasi sehat ini? Jika jerami bisa anda peroleh dari petani sekitar, bahan yang mungkin harus anda cari di toko pertanian adalah SOC.

Akan tetapi bagi anda yang tinggal di pedesaan dan enggan pergi ke kota untuk mendapatkan SOC ini, anda bisa membelinya secara online. Selain lebih mudah proses transaksinya, ketika anda membeli secara online barang pun akan diantar sampai ke tujuan.

Tak cukup disitu, anda juga akan mendapatkan keuntungan lebih jika membeli online, yaitu harga produk yang lebih miring. Selamat dan sukses untuk pelihara kambing tanpa ngarit tanpa angon.

Video tentang Suplemen Organik Cair (SOC) HCS untuk Ternak Kambing

----------------

Rp 95.000
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)
Rp (Hubungi CS)

Recent Comments